Friday, October 3, 2014

8:18 PM

Play station 1 atau PS1 kalo kalian yang pernah kecil di jaman Tahun 2000 awal kalian pasti tau console game yang dikeluarkan oleh Sony ini sempat menjadi booming kala itu. Dimasa masa sekarang ini dimana teknologi smartphone semakin canggih kehadiran PS1 semakin mengenaskan jika ada sekarang PS1 mungkin hanya digunakan sebagai ganjel pintu atau pajangan semata. Karena jika rusak sudah mulai susah mencari part dari game tsb.
Tapi jangan khawatir, jika kalian masih punya kaset PS1 yang masih work, kalian bisa menggunakannya dan bernostalgia menggunakan Smartphone kalian.

Berikut ini saya akan memberi tips untuk kalian yang mau memainkan game melalui smartphone. Pertama kita siapkan Tool nya terlebih dahulu yaitu :
1. Ultra Iso
download disini
2. ePSXe 1.9.0
download APK nya Disini
3. Bios
Download Disini
4. Laptop / PC
Beli Sendiri :D

Jika  sudah kalian download tool nya Oke lanjut..
Pada dasarnya aplikasi ePSXe adalah aplikasi emulator untuk membuka games dari kaset PS1 yang sudah diconvert ke file .bin. Jadi langkah pertama yang harus kita lakukan adalah :
1. Install ePSXe
Jadi yang pertama kita lakukan adalah menginstal terlebih dahulu aplikasi ePSXe di android kalian.
Untuk bisa menjalankan aplikasi ini di android dibutuhkan Bios yang berguna semacem kaya bahasa penghubung antara emulator dan Android itu sendiri. Caranya dengan memindakann file SCPH1001.bin (bios) ke sd card.
 Selanjutnya kita bisa mendownload file game yang berekstensi .bin namun jika kalian masih punya kaset PS1 lama atau ingin lebih simple membuat file game sendiri kalian coba llihat tahapan no 2 dibawah.

2. Membuat File Game PS1

Jika sudah kita membutuhkan Game nya tentunya, jika pada PS1 yang asli kita menggunakan Kaset untuk memainkan game ini di smartphone kita perlu men convert kaset PS1 yang mau kita mainkan menggunakan Ultra ISO. Untuk caranya anda bisa lihat disini jika sudah di convert pindahkan folder yang berisi file game ke SD-Card Anda.

3. Mulai memainkan game
Jika langkah langkah diatas telah kalian lakukan dengan benar maka kalian bisa memainkan game ini di smartphone anda, caranya buka aplikasi ePSXe kalian pilih run game >> Browser File >> Lalu mainkan.
lihat gambar dibawah ini:












0 comments:

Post a Comment